Game RPG enghasilkan uang?

Menurut Ferdi, menghasilkan uang lewat RpG Maker sebenarnya sangat memungkinkan. hanya saja, untuk pasar internasional, memang ada standar yang cukup tinggi. Tidak akan sukses di pasaran, bahkan lolos dari Steam Greenlight apabila kita hanya menggunakan RpG Maker apa adanya, tanpa mengubah apaapa. hal ini dikarenakan, pasar akan selalu bertanya: “Apa sih yang membuat game-mu ini berbeda dengan game lain yang juga dibuat dengan RpG Maker?”

Baca juga : Net89

Pertanyaan semacam itu mungkin cukup sulit dijawab, karena sepanjang sejarah, yang diketahuinya hanya ada satu-dua game yang dibuat dengan RpG Maker yang bisa lolos dari greenlit di Steam.Misalkan saja game “To The Moon”yang dibuat menggunakan RMXp, meski tidak terlihat seperti RpG lagi. Kalaupun tidak bisa menghasilkan uang, Ferdi mengatakan bahwa RpG Maker ini bisa digunakan sebagai langkah awal untuk menekuni dunia Game development.

Sebagai contoh, di dalam RpG Maker sudah ada event-based programming dan bahkan scripting programming (untuk RMXp ke atas), yang jika dipelajari dengan benar akan memberikan kita skill untuk berpikir sistematis dan logis. Termasuk untuk para desainer juga; kemampuan mapping (mendesain layout level yang tepat), event (misalnya untuk keperluan cutscene), animasi (entah untuk animasi di map atau bahkan membuat battle animation sendiri), tentu juga akan terasa.

Kalau pun kita berpindah ke game development tool lain yang lebih kompleks, skill yang sudah kita miliki tentunya akan memudahkan kita. “paling-paling hanya perlu menyesuaikan diri dengan tool yang baru,” kata Ferdi. Skill inilah yang menurutnya sangat berharga untuk pengembangan game.

Mungkin memang tidak bisa menghasilkan uang dalam jangka waktu yang dekat, tapi kelak bisa menghasilkan game yang berkualitas. ide lain juga bisa berupa “jualan skill” yang kita miliki ini ke komunitas RpG Maker, misalnya membuatkan script sesuai dengan pesanan, tileset baru, audio, ataupun karakter. walaupun sebenarnya komunitas RM ini umumnya suddah menyediakan jasa ini secara cuma-cuma. Salah satu tampilan dari Map Parallax Mapping yang dibuat dengan RPG Maker XV (Ace) oleh Astrid Ariany.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *